April 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Kamera DSLR Vs Mirorless, Worth It Mana?

itechnobuzz.com – KameraDSLR terus berkembang dalam teknologi, yang sebagian besar adalah digital single lens reflex (DSLR) dan kamera mirrorless yang ada di pasaran saat ini.
Kamera DSLR sebenarnya merupakan salah satu kemajuan teknologi dari kamera analog ke kamera digital. Kamera DSLR telah banyak digunakan selama bertahun-tahun karena keserbagunaannya, yang memudahkan fotografer profesional untuk memotret.
Desain kamera DSLR telah digantikan oleh versi mirrorless. Perkembangan teknologi yang menghilangkan kaca saat pengambilan gambar membuat kamera menjadi ringkas dan teknologi baru seperti sistem digital.

Berikut perbedaan utama antara kamera DSLR dan Mirrorless :

Perbedaan paling mencolok antara kameraDSLR dan kamera mirrorless adalah ukuran bodi kamera. DSLR terlihat jauh lebih besar dan tebal karena kameraDSLR masih menggunakan cermin yang membutuhkan area sensor lebih besar dibandingkan Mirrorless.

Berat

Mirrorless umumnya lebih ringan dari DSLR karena bodi kamera yang lebih tipis dan material yang lebih ringan.

View Finder

Selain ukuran Look Seeker, perbedaan bodinya juga luar biasa. Kamera DSLR memiliki tampilan optik (OVF), hal pertama yang harus dipastikan adalah Anda tidak dapat melihat subjek dengan pengaturan yang digunakan. Meski kamera mirrorless menggunakan electronic viewfinder (EVF), kita akan melihat tampilan digital di layarnya.

Baterai

Kapasitas baterai DSLR lebih tinggi dari Mirrorless. Namun kini Mirrorless memiliki performa baterai yang lebih baik dari DSLR.

Aksesoris dan Lensa

Ada banyak aksesori yang tersedia untuk kamera mirrorless. Pabrikan kamera resmi dan pihak ketiga saat ini fokus pada produksi aksesoris dan lensa untuk kamera mirrorless, mengikuti kemajuan teknologi.

Sensor

Sensor adalah bagian dari kamera yang mengolah gambar yang ditangkap oleh lensa menjadi gambar digital. Ada beberapa jenis sensor kamera, yang paling dikenal adalah full frame dan APS-C. Baik kamera DSLR maupun mirrorless memiliki kedua jenis sensor di atas, namun teknologi mirrorless lebih baik.

Kualitas Foto dan Video

Kamera DSLR dan mirrorless sebenarnya memiliki performa pengambilan gambar yang serupa dibandingkan dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun untuk video mirrorless lebih baik karena mengikuti perkembangan teknologi. Kamera mirrorless sebenarnya bisa mendukung perekaman video hingga 10-bit 8K, mirip dengan kemampuan kamera bioskop.

Autofokus

Kecepatan fokus otomatis DSLR sangat cepat. Tetapi kamera mirrorless memiliki kecepatan fokus otomatis yang sama dengan DSLR, atau bahkan lebih cepat.

Shutter

Kecepatan rana DSLR sangat cepat, banyak fotografer olahraga profesional menggunakan DSLR karena kecepatan rana memungkinkan gambar dinamis cepat. Kamera mirrorless kini bisa mengungguli DSLR karena menggunakan bukaan digital, kecepatan rana bisa lebih cepat karena biasanya tidak menggunakan rana.

Inilah perbandingan kamera DSLR dan mirrorless baru saat ini. Tentunya baik atau tidaknya kamera DSLR dan Mirrorless tergantung pada spesifikasi dan preferensi pengguna.