November 29, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Agustus 2023

itechnobuzz.com – Kereta cepat yang dibangun dengan rute Jakarta-Bandung akan segera beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatang. Kereta yang akan diresmikan pada Hari setelah Dirgahayu Indonesia, menjadi hadiah HUT RI ke-78.

Pemerintah RI berharap disaat peresmian kereta cepat tersebut nanti nya akan ada Pemimpin Tinggi dari Tiongkok yang akan hadir untuk menyaksikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Bukan hanya itu , seluruh pemasangan Rel KCJB tentunya telah rampung. Dengan total panjang 304 kilometer rel yang sudah di pasang, yang meliputi jalur ganda seluruh trake KCJB 142,3 km, Rel di 4 stasiun KCJB dan juga Depo yang berada di Tegalluar, Kab. Bandung.

Uji Coba KCJB

Uji coba yang direncenakan pada bulan Mei mendatang, bertujuan agar 18 Agustus nanti bisa beroperasi dengan sangat baik.

Dan saat ini RI dan China telah menyepakati beberapa pembengkakan biaya, cost overrum untuk kereta cepat tersebut sekitar USD 1,2 milyar.

 

Presiden Jokowi Resmikan KCJB dan LRT Jabodebek Agustus 2023

Rel kereta track laying yang membentang dari Tegalluar hingga Halim, dengan Panjang rel terpasang 304 kilometer
dengan kedua sisi yangmtelah rampung. Penyelesaian Pemasangan Rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung di stasiun KCJB Halim. Kemenkomarves, Luhut B. Pandjaitan telah Meresmikan , pada jumat 31 Maret 2023.

Luhut telah menyampaikan dalam sambutannya, dengan peletakan rel terakhir yang menandakan bahwa seluruh
jalur KCJB telah selesai tersambung dan proyek dengan itu Indonesia harus sangat bangga.

Perlu menjadi perhatian bersama, bahwa masih banyak juga yang harus diselesaikan menjelang COD pada bulan Agustus 2023 mendatang, contohnya penyelesaian pekerjaan stasiun, aksebelitas dan konektivitas, SDM untuk operasional dan maintenance sampai aspek komersial.

 

304 Km Rel KCJB Rampung Dipasang

Pelu diketahui banyak kendala yang dihadapi disaat pembangunan KCJB, menjalani progres yang sangat panjang dan meliputi banyak tim di saat pembangunan. Tim China dan Indonesia bekerja sama secara baik selama pembangunan.

304 kilometer rel yang sudah selesai terpasang meliputi jalur ganda seluruh trake KCJB sejauh 142,3 kilometer rel di 4 stasiun KCJB, dan Depo Tegalluar, Kab. Bandung.

Kontruksi yang dijalankan sejak 2018 Silam dan rampung pada 2023 adalah suatu kebanggan tersendiri.