May 29, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Jadi kado HUT RI, LRT Jabodebek Diresmikan Agustus 2023

itechnobuzz.com – LRT Jabodebek akan beroperasi penuh pada 18 Agustus 2023 yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini di sampaikan usai uji coba sejumlah Stasiun LRTJabodebek yang sudah di jadwalkan beroperasi pada bulan Juli 2023 mendatang. Namun pemerintah sengaja memilih bulan Agustusuntuk memperingati dan juga menjadi hadiah HUT RI ke-78.

Mengenai tarif LRT sendiri, sejumlah pemerintah belum menentukan berapa tarif yang akan dikeluarkan untuk menggunkaan fasilitas tersenut. Luhut menyatakan, tarif LRTJabodebek harus sangat terjangkau di kantong masyarakat menengah.

Dan tentunya Proyek LRTJabodebek tidak menutup kemungkinan, LRT akan terintegrasi dengan berbagai ekosistem transportasi lain di Jabodetabek.

Ingin dibuat nya terintergrasi agar tarif nya yang lebih murah, dan lebih cepat tentunya akan lebih efisien.

Progres LRT Jabodebek kini sudah mencapai 96%. Luhut pun mengakui masih terdapat kekurangan, namun semua itu akan segera dibenahi.

LRT Jabodebek ini merupakan proyek yang secara keseluruhan menggunakan produk dalam negri sendiri.

Apresiasi besar untuk anak bangsa karena telah menyempurnakan proses yang dimana semua di produksi di dalam negeri. Dan dalam kesempatan yang sama Risal Wassal mengatakan, bahwa LRT jabodebek akan selalu terkoneksi dengan Stasiun Halim.

Kecepatan LRT yang beroperasi di Jabodebek ini memiliki jarak tempuh 33menit dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas yang memiliki jarak sektar 24,3 kilometer.

Uji coba dengan menggunakan metode Corousel, LRT akan berhenti disetiap Stasiun dengan waktu berhenti sama dengan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Serba-serbi LRT Jabodebek yang Akan Beroperasi pada Juli 2023

1. Tanpa masinis

LRT lintas Jabodebek ini menggunakan sistem CBTC communication based train control, dengan GoA grade of automation level 3.

CBTC pengoperasian kereta berbasis kan komunikasi, sehingga sitem dapat dengan sendirinya mengoperasaikan kereta dan memproyeksi jadwal secara otomatis yang di operasikan di pusat kendali.

Tidak adanya masinis namun kamu tidak perlu khawatir didalam kereta msih terdapat petugas yang bertugas untuk menangani kondisi darurat serta melakukan pelayanan kepada seluruh pelanggan.

2. Tarif yang diusulkan KAI

Adapun tarif yang diusulkan Kepala Divis LRT yaitu berkisaran Rp 5.000 untuk jarak dekat, Rp 25.000 untuk jarak jauh.

Menurut Kepala Divisi tersebut kemungkinan besar pemerintah akan memberikan subsidi untuk tarif LRT , yang tentunya akan memengaruhi tarif resmi LRT.

3. Jam operasional

LRT Jabodebek akan mengoperasikan 31 rangkaian, yang setiap rangkaian terdapat 6 kereta, yang bisa mengangkut 1.310 penumpang.
LRT melayani masyarakat mulau jam 05.00 WIB – 23.30 WIB.