May 20, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

X.AI Karya Elon Musk Dan Perusahaan Barunya

itechnobuzz.comX.AI yang di kabarkan didirikan oleh Elon Musk yang secara khusus untuk pengembangan
kecerdasan buatan, atau yang di sebut artificial intelligence yang lebih di kenal dengan sebutan AI.

Elon Musk diketahui menjabat sebagai direktur dengan Jaret Bicrhall direktur kantor keluarga Musk yang terdaftar sebagai sekretaris. Diketahu Elon Musk mendirikan bisnis tersebut pada 9 Maret 2023.
Di ketahuai Laporan Business insider menyebutkan CEO Tesla telah membeli ribuan Grapich Processing Unit
atau yang biasa di sebut dengan GPU, untuk menjalankan AI generatif.

Pemilik Twitter Elon Musk juga dilaporkan sedang mencari dana dari investor SpaceX dan Tesla. Dia mencari dana untuk memulai perusahaan X.AI.
Financial Times mencatatatkan pembuatan AI di perusahaan ini juga dilakukan demi bersaing dengan OpenAI yang saat ini di dukung dengan Microsoft yang sedang meroket saat ini.

Saat wawancara di Twitter Space Musk tidak menyebutkan soal rencananya membuat perusahaan AI. Musk saat mendapatkan pertanyaan mengenai GPU yang dibelinya, “Sepertinya semua orang dan anjing mereka membeli GPU saat ini” tutur nya waktu itu.

Diketahui beberapa waktu lalu Musk juga sedang mencari bantuan dari pakar AI untuk terciptanya saingan dari chatbot ChatGPT buatan OpenAI.

 

Jadi Pendiri OpenAI Elon Musk Sekarang Menentang

The information juga memberitahukan proyek tersebut masih dalam tahap awal, serta tidak adanya rencana material untuk mengembangkan produk tertentu.
Babuschkin saat ini juga mengatakan pada awak media dirinya belum secara resmi bergabung dengan proyek yang didirikan oleh Musk. Dari kedua belah pihak juga tidak memberikan jawaban terkait kabar yang sudah tersebar.

X.AI bukan perusahaan AI pertama yang melibatkan Elon Musk. Di tahun 2015 dia menjadi salah satu jajaran berdirinya OpenAI yang saat ini sudah mempunyai namanya yang meroket yaitu ChatGPT.

Terjadinya konflik di belakang layar yang membuat nya hengkang dari OpenAI pada tahun 2018. Walaupun pemilik Twitter ini menyebutkan bahwa keluarnya dia dari OpenAI untuk kepentingan dengan pekerjaannya di Tesla.

Disaat meroket nya popilaritas AI dan ChatGPT akhir-akhir ini menjadi bahan kritik dari pendiri Twitter tersebut salah satunya adalah soal “bahaya Ai yang di latih menjadi ‘woke”
Disaat waktu yang bersamaan Musk dan sejumlah tokoh teknologi menandatangani surat yang meminta penghentianya sementara “eksperimen AI raksasa”

 

Twitter Inc Berubah Menjadi X Corp

Elon juga mengganti nama perusahaan Twitter Inc denga X Corp yang dinilai cocok dengan X.AI yang didalamnya juga diterapkan miliarder untuk visinya yaitu “everything app”.

Nama baru ini terlihat dalam dokumen tertanggal 4 April 2024 terkait dengan gugatan aktivis sayap kanan Laura Loomer terhadap Facebook dan Twitter.

X Corp juga berupaya untuk membangun apa yang di sebut sebagai “X”, yang akan menjadi sebuah aplikasi seperti WeChat di Tiongkok.