May 20, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Delapan Cara Memilih Laptop Yang Tepat Untuk Pekerja Kantoran, Pertimbangkan Sebelum Membeli

itechnobuzz.com – Ada banyak seri dan model laptop dari berbagai merek di pasaran. Saking banyaknya hingga bisa membingungkan pengguna ketika ingin memilih atau membeli laptop mana yang tepat untuk kebutuhan kerjanya.

Seperti diketahui, laptop telah menjadi perangkat penting untuk memenuhi kebutuhan bisnis berbagai profesi, termasuk para pekerja kantoran.

Untuk membantu melakukan pekerjaan kantor secara optimal, pengguna harus memiliki laptop yang tepat. Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk menunjang pekerjaan kantor?

Biasanya sebelum membeli atau memilih, pengguna yang berprofesi sebagai pekerja kantoran dapat menyesuaikan beberapa spesifikasi laptop dengan kebutuhannya. Untuk lebih jelasnya berikut cara memilih laptop untuk pekerja kantoran.

Cara Memilih Laptop Untuk Pekerja Kantoran

1. Sistem operasi

Langkah pertama dalam memilih laptop yang tepat untuk pekerja kantoran adalah mengecek sistem operasi yang digunakan.Ada berbagai model laptop di pasaran dengan berbagai jenis sistem operasi.

Umumnya laptop terbagi menjadi tiga jenis sistem operasi, yaitu laptop Windows, laptop MacOS (Macbook) dan laptop ChromeOS (Chromebook).

Aplikasi atau software yang bisa dijalankan di laptop ditentukan oleh sistem operasi yang digunakannya. Jika Anda banyak bekerja dengan aplikasi yang hanya dapat berjalan di sistem operasi Windows, laptop berbasis sistem operasi Windows akan lebih cocok untuk Anda.

2. Layar

Spesifikasi tampilan seperti ukuran dan resolusi juga harus diperhitungkan. Ukuran layar laptop beragam, ada yang 18 inci, 17 inci, 16 inci, 15 inci, hingga yang paling populer adalah 13 inci.

Resolusi layar pun beragam, seperti Full HD (1920×1080), WXGA (2560×1600), hingga 4K Ultra HD (3840×2160).

Jika pekerjaan membutuhkan tampilan yang jelas dari sejumlah besar data pada saat yang sama atau tampilan grafik yang akurat, pengguna dapat memilih laptop dengan layar besar dan resolusi yang sesuai.

3. CPU dan GPU

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk pekerja kantoran adalah spesifikasi CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) yang ditawarkan.

Penting untuk mengingat spesifikasi CPU karena semua aktivitas pengguna di laptop akan ditangani melalui komponen ini. GPU juga penting karena komponen ini berfungsi untuk mengolah data grafik di laptop.

Jika pekerjaan membutuhkan pemrosesan berat seperti desain grafis, pengeditan video, pemrograman, dll., Pengguna dapat memilih laptop dengan arsitektur CPU tinggi dan GPU terpisah.

Namun, jika pekerjaan hanya terfokus pada aplikasi perkantoran seperti pengolah kata dan angka, pengguna tidak perlu khawatir untuk memilih laptop dengan spesifikasi pengolah yang tinggi.

4.RAM

Kapasitas RAM (Random Access Memory) juga harus diperhatikan saat memilih laptop. Jika pekerjaannya mengharuskan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, pengguna bisa memilih laptop dengan kapasitas RAM yang cukup besar, misalnya 8 GB.

5. Memori penyimpanan

Jika Anda ingin menggunakannya untuk menyimpan file kerja berukuran besar, pilihlah komputer dengan ruang penyimpanan lebih dari 256 GB. Selain kapasitas, jenis memori penyimpanan yang digunakan juga harus diperhatikan.

Jenis memori penyimpanan saat ini umumnya terdiri dari HDD dan SSD. Laptop dengan memori penyimpanan SSD dapat mentransfer dan mengunggah data lebih cepat dibandingkan dengan yang hanya menggunakan HDD.

6. Pelabuhan penuh

Port atau jalur koneksi yang lengkap juga penting saat membeli laptop. Integritas port pada setiap laptop akan berbeda-beda. Ada laptop yang menyediakan port HDMI, tapi ada juga yang tidak.

Jika di tempat kerja Anda sering disuguhkan proyektor yang memiliki koneksi HDMI, maka pengguna bisa memilih laptop yang memiliki port HDMI.

7. Kamera web

Untuk mendukung aktivitas kerja jarak jauh, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk karyawan selanjutnya adalah ketersediaan perangkat kamera web (webcam).

8. Baterai

Cara memilih laptop untuk pekerja kantoran selanjutnya adalah dengan melihat spesifikasi baterai. Jika sering bekerja di lokasi mobile, pengguna mungkin ingin memilih laptop yang menawarkan daya tahan baterai yang lama dan mendukung fast charging.

Berikut delapan cara memilih laptop untuk pekerja kantoran. Dengan menyesuaikan penawaran khusus dan persyaratan kerja, laptop yang dibeli dapat digunakan secara optimal.